Arti Kata Spiritual

Jika ada anda bertemu dengan 1000 guru spiritual dan 1000 orang biasa lalu anda bertanya tentang apa arti spiritual, maka dipastikan jawaban mereka akan berbeda-beda. Hal ini dikarenakan kata “spiritual” begitu universal, luas dan mengandung banyak arti. Sama seperti kata “cinta”. Ketika kita bertanya kepada banyak orang maka akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda soal arti cinta.

 

Namun kebanyakan orang Indonesia mengartikan kata spiritual berdasarkan dari sisi keagamaan. Lagi-lagi itu sah-sah saja. Dikarenakan kata spiritual begitu kuat tapi juga membumi sehingga orang bisa mengartikan apa saja dari kata spiritual itu. Akan tetapi ketika bicara soal spiritual tidak selalu soal agama yang kuat, ibadah yang rajin dan lain sebagainya. Akan lebih baik jika kata spiritual diartikan seluas mungkin dan sebanyak mungkin. Akan lebih baik jika artikan kata spiritual itu tidak kedalam arti yang sempit atau mengerucut.

 

Berikut adalah kumpulan dari arti kata spiritual yang umumnya diartikan oleh orang banyak dari segala kalangan dan usia.

Spiritual Itu Berarti Punya Kemampuan Spiritual

Ada sebagian orang yang mengartikan kata spiritual berhubungan dengan orang yang punya kemampuan spiritual atau mungkin seseorang yang mengajarkan kemampuan spiritual kepada muridnya alias guru spiritual.

 

Spiritual Artinya Mendalami Agama Dan Religius

Ketika kita melihat seseorang yang rajin beribadah dan berdoa serta banyak belajar soal agama maka dilekatkan predikat kata spiritual itu. Tak ketinggalan taat dengan ajaran dan aturan agama bisa dikatakan sebagai spiritual.

 

Spiritual Adalah Kesucian

Berarti jiwa yang suci dan tidak terlalu mementingkan keduniawian. Sosok manusia yang pikirannya mengutamakan kehidupan setelah mati. Berpikir surgawi ketimbang duniawi.

 

Spiritual Adalah Mencintai Diri Sendiri

Orang yang mengartikan kata spiritual seperti ini berpikir bahwa ketika mencintai diri sendiri maka akan mampu menjalankan kehidupan dengan mudah dan penuh kepuasan. Dengan mencintai diri sendiri maka akan dengan mudah mencintai orang lain dan seluruh elemen alam yang sudah diciptakan oleh Tuhan YME.

 

Spiritual Adalah Mencintai Orang Lain

Ada banyak orang yang begitu peka terhadap kesusahan hidup orang lain. Berupaya untuk membantu orang lain yang sedang mendapatkan masalah hidup. Ketika orang yang kesusahan itu mendapatkan kebahagiaan maka orang yang membantu mendapatkan seperti kepuasan batin.

 

Spiritual Itu Cinta

Ketika kata spiritual diartikan sebagai cinta maka bisa dipastikan orang tersebut memiliki tingkatan romantisme yang tinggi. Hal ini dikarenakan segala sesuatu yang dikerjakannya atas dasar cinta dan kecintaannya terhadap sesuatu.

 

Spiritual Adalah Kerohanian

Rohani sama dengan ruhani. Didalam kata ini terdapat kata roh untuk rohani atau ruh dari ruhani. Jika arti spiritual dikaitkan dengan rohani atau ruhani maka spiritual itu adalah roh atau ruh. Elemen yang sangat halus dan tidak terlihat yang letaknya didalam tubuh.

 

Spiritual Itu Adalah Kebahagiaan

Orang yang mengartikan kata spiritual ini berarti adalah orang yang bertipe pada pencari kebahagiaan. Ketika bahagia orang ini merasa menjadi manusia yang lengkap dimuka bumi ini.

 

Spiritual Adalah Kesuksesan

Banyak orang baru menemukan arti dari kata spiritual setelah hidupnya sukses. Dari kesuksesan dibaliknya ada perjuangan, usaha, kegagalan, jatuh bangun dan keberhasilan. Disinilah letak arti spiritual itu terbentuk.

 

Menurut Wikipedia berbahasa Indonesia, sampai saat ini kata spiritual belum ada arti yang pasti. Walau pun kalangan ilmuwan sosial telah merumuskan tentang arti kata spiritual yaitu sebagai pencarian untuk yang dikaitkan dengan "kudus," di mana "suci" secara luas didefinisikan sebagai sesuatu yang diatur terpisah dari umumnya dan pantas dihormati.

 

Inilah keindahan kata spiritual. Dimana setiap orang berhak mengartikan kata tersebut sesuka hati berdasarkan ilmu pengetahuan yang dimiliki, agama yang dipeluk, keyakinan, dan pengalaman hidupnya.

 

Keuntungan Mengartikan Kata Spiritual Menurut Versi Anda

Mengartikan kata spiritual itu mungkin mudah dilakukan oleh sebagian orang semudah 1+1=2 akan tetapi untuk sebagian orang yang lain butuh pemikiran dan proses yang panjang. Bahkan penemuan arti kata spiritual berawal bukan dari jalinan kata-kata melainkan dari jalinan peristiwa yang dilalui oleh orang tersebut. Dan kemudian jalinan peristiwa yang dialami oleh orang itu disimpulkan melalui media kata-kata. Ketika seseorang telah berhasil merumuskan sendiri arti kata spiritual maka secara langsung atau tidak langsung dan tanpa sadar atau disadari orang itu telah mampu menciptakan keuntungan dalam hidup. Lalu keuntungan apa yang didapatkan hanya dari mengartikan kata spiritual? Ya anda bisa dan mampu menciptakan rumusan kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup.

 

Menurut artikel disalah satu website psikologi dunia Psychology Today yang berjudul Why Be Spiritual? Five Benefits of Spirituality (Kenapa Jadi Spiritual? 5 Keuntungan Spiritual) menjelaskan bahwa:

Orang yang spiritual adalah orang ramah. Psikologi telah membuktikan kalau menunjukkan rasa terima kasih berhubungan erat sekali dengan banyak jenis sikap positif seperti keoptimisan, murah hati, dan vitalitas secara keseluruhan. Spiritualitas mendorong orang untuk menjadi orang positif, yang dapat tercermin dalam banyak aksi-aksi dalam kehidupan ini.

 

Orang spiritual adalah orang yang penuh kasih dan sayang. Mengalami belas kasih dan sayang dengan orang lain adalah salah satu yang hubungan terkuat dalam menjalani kehidupan spiritual. Berbagai sikap dan emosi positif memiliki hubungan yang kuat dan erat dengan spiritualisme, termasuk memungkinkan seseorang untuk merasa baik soal hal-hal kecil dikehidupannya dan melihat dunia melalui mata yang empatik.

 

Orang spiritual adalah orang yang selalu berkembang. Spiritualitas terhubung dengan banyak aspek penting dari fungsi manusia. Orang spiritual punya hubungan positif, harga diri yang tinggi, selalu optimis, serta memiliki makna dan tujuan dalam hidup.

 

Orang spiritual adalah orang yang menggunakan segenap kemampuannya demi mewujudkan keinginannya. Seorang spiritual selalu berusaha menggapai kehidupan yang jauh lebih baik dan berpikir bahwa perkembangan hidup dan pemenuhan pribadi merupakan tujuan utama. Spiritualitas bisa dianggap sebagai jalan menuju meraih semua impian, karena itu mengharuskan orang spiritual untuk selalu fokus pada nilai-nilai internal mereka dan bekerja keras untuk menjadi individu yang lebih baik.

 

Orang spiritual butuh waktu untuk menikmati pengalaman hidup. Seseorang yang menghargai spiritualitas meluangkan waktu untuk mengingat kegiatan sehari-hari yang telah mereka lakukan dan pada akhirnya menciptakan kenangan abadi tentang pengalaman mereka. Dikarenakan orang spiritual lebih sadar akan kegiatan kecil dalam kehidupan sehari-hari, maka mereka mengalami emosi positif yang terkait dengan kesenangan yang lebih kecil dalam hidupnya.

 

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa menjadi orang spiritual membuat hidup jauh lebih baik dan bahagia karena yang didapat semuanya dalam bentuk positif.

 

Cara Ciptakan Kesuksesan Dan Kebahagiaan Dari Kata Spiritual

Setelah tadi kita membahas soal kata spiritual cukup lama namun masih belum mendalam (karena memang sampai dibahas selama dan sebanyak apapun tak akan pernah cukup) saya akan memberikan cara bagaimana kita merumuskan kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup hanya dari kata spiritual yang sudah kita artikan menurut kita sendiri. Berikut cara melakukannya.

Langkah 1 - Coba artikan kata spiritual menurut anda sendiri. Pakai segenap ilmu pengetahuan dan pengalaman hidup yang anda punya untuk mengartikan kata itu. Boleh berpikir sederhana dan bagusnya jika perlu berpikirlah secara rumit. Sisihkan waktu anda selama minimal 30 menit atau 60 menit bahkan lebih untuk berpikir dan  merenung arti kata spiritual itu. Duduk atau berbaring ditempat yang menurut anda membuat tubuh fisik dan non fisik (mental) anda terasa nyaman.

 

Langkah 2 - Disaat proses perenungan berlangsung lakukan tarik dan buang napas secara teratur. Dengarkan suara napas anda sendiri beberapa kali. Hal ini akan memberikan anda ketenangan dan titik fokus yang luar biasa.

 

Langkah 3 - Biarkan pikiran anda menerawang mengarungi dimensi masa lalu, masa kini yang berisi hal-hal yang sudah anda lalui baik itu hal buruk dan bagus. Serta bayangkan apa yang akan anda lakukan dimasa yang akan datang. Pikirkan orang-orang yang mencintai dan membenci anda. Apa saja yang sudah mereka lakukan kepada anda. Ingat kebaikan apa saja yang anda sudah lakukan untuk orang lain, hewan, tumbuhan dan elemen yang ada dialam semesta ini yang semuanya adalah ciptaan Tuhan YME. 

 

Langkah 4 - Setelah anda merasa puas dengan perenungan anda, langsung tanyakan kepada diri anda sendiri. Begini contoh kalimatnya, “Wahai ….. (nama anda sendiri) berikan aku apa itu arti spiritual berdasarkan refleksi kehidupan kita tadi”. Biarkan beberapa saat sampai anda mendengar suara anda sendiri didalam batin anda. Hasil yang didapatkan bisa berupa beberapa kalimat atau juga beberapa kata saja.

 

Langkah 5 - Misal anda mendapatkan arti “spiritual itu adalah kerja keras”. Inilah yang akan menjadi bingkai sukses dan kebahagiaan hidup anda.

 

Langkah 6 - Inilah langkah akhir alias langkah penentu. Aksinya dalam hidup anda adalah apapun yang anda kerjakan selalu KERJA KERAS!!! KERJA KERAS!!! KERJA KERAS!!! Janganlah berpikir soal hasil akhir. Karena hasil akhir Tuhan YME yang akan menentukan. Jika anda terus menerus memikirkan hasil akhir dari kerja keras yang anda lakukan maka akan membuat berat jalan hidup anda. Tapi tenang saja semua orang suka dengan kerja keras anda dan begitu pun juga Tuhan YME. 

 

Bersyukur Telah Menjadi Guru Spiritual

Saya dulu berpikir ilmu spiritual yang saya kejar tak lain dan tak bukan hanyalah sekedar pemenuhan hobi semata. Akan tetapi seiring perjalanan waktu terjadilah proses yang saya namakan pendewasaan spiritual. Yang tadinya sekedar hobi menjadi suatu keinginan untuk menjadi guru tenaga dalam dan sekaligus guru spiritual. Muncul hasrat lebih tinggi lagi untuk memunculkan tanggung jawab lebih. Setelah sekian tahun berprofesi sebagai guru tenaga dalam dan guru spiritual disitulah saya merasa semakin hari semakin spiritual. Rasa spiritual itu dirasa semakin meningkat ketika saya telah meyelesaikan sesi mengajar program Tenaga Dalam modern dan program Kebatinan Spiritual Modern. Sungguh suatu kepuasan batin tersendiri ketika saya berhasil membawa semua murid-murid yang saya ajarkan sehingga mampu menguasai kemampuan tenaga dalam modern dan kebatinan spiritual modern.

 

Untuk itulah jika anda semua ingin masuk kedalam lingkaran spiritual berbasis belajar atau berlatih spiritual dengan cara modern, ilmiah, tepat dan cepat  silahkan menuju kehalaman :

 

Tenaga Dalam Modern : https://www.energi-positif.net/tenaga_dalam.htm 

 

Kebatinan Spiritual Modern : https://www.energi-positif.net/kebatinan_spiritual.htm

 

Atau bisa hubungi saya Tonar Eki F : 0813*1061*4567

 

Copyright (April 2019) EPKP - Tonar Eki Febrian - www.energi-positif.net