Cara Menentukan Hukum Halal Atau Haram Tenaga Dalam

Halal Atau Haram Mempelajari Tenaga Dalam
Sebelum kita membahas secara mendalam tentang judul diatas, maka alangkah lebih baiknya kita harus ketahui terlebih dahulu tentang apa itu halal dan apa itu haram.

Menurut Wikipedia, halal artinya diperbolehkan. Lengkapnya adalah segala objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan, dalam agama Islam. Istilah ini dalam kosakata sehari-hari lebih sering digunakan untuk menunjukkan makanan dan minuman yang diizinkan untuk dikonsumsi menurut Islam, menurut jenis makanan dan cara memperolehnya.

Menurut Wikipedia, haram artinya adalah sebuah status hukum terhadap suatu aktivitas atau keadaan suatu benda (misalnya makanan). Aktivitas yang berstatus hukum haram atau makanan yang dianggap haram adalah dilarang secara keras. Orang yang melakukan tindakan haram atau makan binatang haram ini akan mendapatkan konsekuensi berupa dosa. Berarti haram disini sudah terikat hukum Islam yang dimana jika dilakukan akan menyimpang, salah dan secara bersamaan akan berdosa

Jika saya membuat artikel ini menggunakan kata halal dan haram sudah dipastikan ini berhubungan dengan bahasa Arab terutama berhubungan dengan agama Islam. Jika teman-teman sebagai pembaca statusnya adalah non muslim saya tetap menganjurkan membaca artikel ini. Hal ini dikarenakan saya tidak selalu membahas tenaga dalam dari sudut pandang agama saya saja yaitu agama Islam melainkan saya berpikiran secara terbuka dan global.

Setelah teman-teman mengetahui apa itu halal dan haram mari kita menyelam lebih dalam tentang tenaga dalam.

Saya akan menginformasikan kepada teman-teman semua tentang tenaga dalam secara sederhana. Banyak arti dari tenaga dalam. Mari kita sederhanakan arti tenaga dalam adalah suatu kekuatan yang muncul karena adanya tenaga tertentu dari dalam tubuh. Disini yang saya tekankan, tenaga dalam berasal dari dalam tubuh. Jika teman-teman sudah membaca artikel saya yang berjudul Perbedaan Tenaga Dalam Modern Dengan Tenaga Dalam Konvensional, maka teman-teman bisa mengetahui kalau tenaga dalam konvensional semuanya memakai sumber dari luar tubuh. Dan ini mengarah ke sesat terselubung dan bahkan sesat secara nyata.
Hukum Halal Haram Dalam Agama Islam
Kita sebagai pemeluk agama Islam mengetahui Al Quran dan hadits adalah pedoman hidup kita. Banyak sekali di dunia maya adanya berbagai macam artikel tentang tenaga dalam. Hanya saja menurut saya terlalu banyak pemilik website yang terlalu percaya diri membuat artikel tentang dalil halal haram soal tenaga dalam berdasarkan Al Quran dan hadits. Mereka (pemilik website atau pembuat artikel) terlalu memaksakan suatu ayat dan hadits yang sebenarnya artinya tidak ada sama sekali berhubungan dengan tenaga dalam itu secara eksplisit atau secara total. Mereka hanya sekedar menghubung-hubungkan suatu ayat yang mungkin artinya bisa dipaksakan untuk masuk kedalam artikel tenaga dalam itu.

Saya juga memperhatikan pemilik-pemilik website yang menyajikan artikel jenis ini terbagi menjadi dua kubu. Ada pemilik website yang pro dan mendukung tenaga dalam lalu ada yang kontra alias yang tidak mendukung tenaga dalam. Dan kedua kubu ini saling menjatuhkan. Kubu yang mendukung tenaga dalam begitu membela tenaga dalam dan mempertahankan kalau tenaga dalam itu halal. Sebaliknya kubu yang kontra menentang tenaga dalam dan menyatakan tenaga dalam itu haram, sesat dan berdosa. Jadi yang saya temukan ketika membaca artikel-artikel sejenis ini yang ada hanyalah perbedaan dan pertentangan diantara kedua kubu. Hanya ada satu persamaan dan kekompakan diantara kedua kubu ini. Hal itu adalah penggunaan ayat Al Quran dan hadits. Dan sungguh tragis ketika suatu ayat Al Quran dan hadits dijadikan senjata untuk berdebat, menghakimi dan bahkan berkelahi.

Percayalah kalau tenaga dalam itu tidak tercantum sama sekali secara blak-blakan di Al Quran dan juga hadits. Dan sampai kapan pun kita tak akan pernah bisa mendapatkan jawaban pasti dalam Al Quran dan hadits soal halal atau haram tenaga dalam. Lalu bagaimana agar kita tetap bisa menyimpulkan halal atau haram tenaga dalam? Caranya sangat mudah. Belajar tenaga dalam secara langsung. Terlibat langsung dalam pelatihan tenaga dalam. Jangan simpulkan hanya berdasarkan apa kata orang lain soal tenaga dalam sebelum menjalani dan mengalami sendiri. Jangan mudah percaya dengan artikel-artikel yang teman-teman baca soal halal atau haramnya tenaga dalam.
Tentu bagi teman-teman yang membaca artikel saya ini ada yang sudah belajar tenaga dalam tapi gagal dan bahkan sudah ada yang belajar hingga belasan bahkan puluhan tahun. Dan juga ada juga teman-teman yang masih awam serta belum tahu sama sekali soal tenaga dalam apalagi belajar tenaga dalam. Saya akan mewakili teman-teman yang awam, yang sudah pernah atau baru belajar, serta yang sudah lama belajar tenaga dalam tetapi selalu mendapatkan kegagalan. Karena sejak duhulu kala saya juga sudah banyak mempelajari sistem dan metode tenaga dalam konvensional yang selalu membawa saya kepada kegagalan dan juga kesesatan. Sudah sangat lama sekali saya meninggalkan tenaga dalam dengan metode konvensional, lama, klasik dan kuno. Sekarang saya berpegang teguh kepada Tenaga Dalam Modern yang saya temukan sendiri ini, baik itu metode dan juga sistemnya.

Jadi supaya teman-teman bisa menyimpulkan sendiri apakah tenaga dalam itu halal atau haram maka izinkan saya untuk membantu. Cara mudahnya adalah belajar langsung dengan guru tenaga dalam atau belajar di perguruan tenaga dalam lalu lihat cara, metode dan sistem dari tenaga dalam itu sendiri. Atau bacalah artikel tenaga dalam yang sudah saya buat ini. Kemudian boleh teman-teman kaitkan setelahnya dengan ayat Al Quran dan hadits yang begitu banyak jumlahnya. Jadi jangan sekedar asal-asalan memutuskan tenaga dalam itu halal atau haram diawal hanya melalui ayat Al Quran dan hadits tanpa mengalami secara langsung tenaga dalam.
Tenaga Dalam Berdasarkan Metode Dan Sistem
Berikut adalah metode dan atau sistem yang biasa dipakai tenaga dalam konvensional atau bisa dikatakan ini adalah cara klasik dan kuno.
1. Tenaga Dalam Metode Pernafasan
Murid-murid saya yang sebelumnya belajar dan bertemu dengan sistem modern saya ini umumnya dan banyaknya waktu dulu belajar tenaga dalam lewat sistem pernafasan. Tujuan mereka konon katanya supaya hidup sehat. Ada pertanyaan yang muncul dalam pikiran kita. Memang ada yang salah soal sistem pernafasan kita sampai-sampai kita harus belajar tenaga dalam pernafasan hanya sekedar untuk menyehatkan tubuh? Berapa usia teman-teman saat ini? Apakah teman-teman dari bayi sudah ikut tenaga dalam pernafasan? Tentu tidak dan nyatanya dengan bernafas normal kita semua tetap tumbuh dan berkembang dengan sehat dan baik sejak kita bayi hingga sekarang. Yakin belajar tenaga dalam pernafasan bisa membuat hidup kita sehat? Jawabannya tidak. Apalagi jika teman-teman tinggal di daerah perkotaan yang dimana udara sudah tercemar polusi asap kendaraan dan polusi hasil pembakaran lainnya. Tak perlu belajar metode pernafasan ini disaat setiap hari pun kita sudah bernafas tanpa pernah gagal sekali pun. Kalau mau sehat makanlah makanan yang bergizi, minumlah air putih yang banyak namun tidak berlebih-lebihan dan istirahatlah secara teratur. Hal ini tertuang secara mantap, "Makan dan minumlah kalian, namun jangan berlebih-lebihan (boros) karena ALLAH tidak mencintai orang-orang yang berlebih-lebihan." (Al-A'raf:31). Dan juga "Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang". (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu 'Abbas). Jadi jangan isi waktu senggang kita dengan belajar tenaga dalam sistem pernafasan disaat kita memang sudah bernafas setiap hari. Percuma lakukan tenaga dalam pernafasan sedangkan makanan yang dimakan saja tidak teratur dan tidak bergizi. Minum air putih sedikit dan istirahat juga tidak teratur. Tapi jika makan, minum dan istirahat teratur maka tak perlu lakukan tenaga dalam pernafasan karena tenaga dalam metode pernafasan memang tidak penting. Berarti bisa dikatakan tenaga dalam pernafasan masih tetap bergantung pada aspek pola makan, minum dan istirahat. Sedang pola makan, minum dan istirahat tidak bergantung pada sistem pernafasan tenaga dalam. Jadi bisa kita simpulkan tenaga dalam metode pernafasan bisa masuk kedalam kategori halal boleh dilakukan namun tidak penting karena masih bisa dikalahkan dengan pola makan, minum dan istirahat yang baik serta teratur.
2. Tenaga Dalam Metode Amalan, Dzikir, Wirid, Doa Dan Ritual Keagamaan Lainnya
Dulu saya pernah belajar tenaga dalam dengan metode-metode ini di perguruan tenaga dalam. Saat praktek teknik mementalkan musuh dan pukulan jarak jauh saya diberikan selembar kertas yang berisi amalan atau doa untuk menambah emosi. Karena syarat umum untuk melakukan teknik itu kita harus penuh dengan emosi terlebih dahulu. Saat itu saya diarahkan oleh mantan guru saya untuk menjadi pihak penyerang. Beliau (mantan guru saya) sebagai orang yang bertahan dan mempraktekkan teknik mementalkan musuh. Bayangkan amalan atau doa dalam format bahasa Arab, potongan ayat Al Quran disalahgunakan untuk praktek bodoh dan sesat seperti ini supaya meningkatkan emosi. Seharusnya suatu ayat atau doa digunakan untuk mendekatkan diri kepada ALLAH dan juga supaya menenangkan hati, jiwa dan pikiran. Bukan untuk menambah emosi lalu menyerang orang lain. Dari Abu Malik ra mengatakan bahwa Rasulullah pernah berkata, “Al Quran itu merupakan bukti yang menguntungkan kamu (yang mengawalmu ke surga) atau bukti yang mencelakakan kamu (yang menyeretmu ke neraka)”. (HR. Muslim, Ahmad, Ibnu Majah). Disini jelas nabi Muhammad memberitahu supaya menggunakan Al Quran dengan cara yang baik dan jangan disalahgunakan. Jadi bisa disimpulkan tenaga dalam dengan metode atau sistem amalan, dzikir, wirid, dan doa atau apapun yang berhubungan dengan ritual dan aktivitas keagamaan lainnya hukumnya adalah haram dan sesat.
3. Tenaga Dalam Metode Gerakan
Umumnya metode ini dipakai di perguruan bela diri yang juga mengusung tenaga dalam. Sejatinya bela diri dan tenaga dalam tidak ada hubungannya sama sekali. Banyak perguruan bela diri yang murni mengajarkan seni bela diri tanpa mencampuradukkan dengan tenaga dalam. Dan perguruan bela diri tanpa tenaga dalam seperti ini sangat saya dukung. Coba perhatikan atlit-atlit beladiri Indonesia yang bahkan berkiprah di kancah internasional, apakah mereka semua belajar gerakan dari tenaga dalam? Tentu tidak. Mereka murni mempelajari gerakan-gerakan beladiri itu tanpa satu pun memakai gerakan tenaga dalam. Saya masih sedikit memaklumi, alasan perguruan bela diri yang memakai dan menggabungkan dengan metode tenaga dalam pernapasan serta gerakan tenaga dalam supaya murid menjadi sehat. Tapi yang paling tidak masuk akal adalah ujung-ujungnya di perguruan tersebut ada atraksi pecah botol pakai tenaga dalam, berjalan diatas bara api, berjalan diatas pecahan beling atau kaca, mementalkan musuh dan lain-lain. Ini mau cari sehatnya atau mau jadi anggota sirkus keliling? Atraksi-atraksi diatas semuanya adalah trik saja. Bahkan selain sabuk sebagai tanda kenaikan tingkat dalam bela diri, di perguruan yang juga melakukan atraksi diatas ingin menekankan kepada murid kalau itulah tolak ukur kesuksesan tenaga dalam. Boleh ikut bela diri selama untuk menjaga diri, meningkatkan keberanian, mampu mengontrol emosi dan menyehatkan tubuh. Jangan menyakiti diri sendiri dan orang lain baik secara fisik atau mental. Ingatlah ALLAH tidak suka dengan manusia yang menyakiti diri sendiri dan orang lain. Jadi disini bisa disimpulkan belajar gerakan tenaga dalam tidak masuk ke dalam kategori halal atau juga haram. Akan menjadi haram jika berujung kepada cidera atau celaka ke tubuh fisik diri sendiri dan orang lain ketika melakukan gerakan dan atraksi tenaga dalam. Jadi tenaga dalam metode gerakan masuk kedalam kategori yang tidaklah penting sama sekali. Jika alasannya untuk kesehatan maka belajarlah murni bela diri tanpa ada campur aduk tenaga dalam dan tanpa metode gerakan tenaga dalam. 
4. Tenaga Dalam Metode Affirmasi
Perlu diketahui affirmasi adalah istilah yang diadaptasi dari bahasa asing yang berarti mengucapkan suatu kalimat yang berisi perintah atau program positif yang akan diletakkan di alam bawah sadar. Cara ini dipakai oleh salah satu aliran tenaga dalam (tak perlu saya sebutkan). Murid-murid saya sebelumnya pernah mempelajari cara ini di perguruan lain. Banyak dari mereka yang belajar sampai bertahun-tahun dan juga menerapkannya kedalam kehidupan sehari-hari. Tetap saja mereka berujung kepada kegagalan. Yang aneh dan uniknya walau pun gagal tetap saja mereka lakukan. Inilah kehebatan manusia yaitu kegigihan dan pantang menyerah. Akan tetapi jika tak mendapatkan hasil setelah bertahun-tahun maka seharusnya dihentikan. Celakanya tidak sedikit orang yang belajar tenaga dalam dengan affimasi ini sudah beranggapan bahwa affirmasi sama dengan doa. Ingatlah doa hanya untuk mendekatkan diri kita kepada Tuhan dan tak akan pernah bisa disejajarkan dengan affirmasi yang levelnya teramat rendah. Dengan affirmasi tak akan membuat berhasil kuasai tenaga dalam bahkan ujungnya adalah putus asa dan sesat. Jelas ini akan menjadi haram jika menuhankan affirmasi.
5. Tenaga Dalam Metode Menelan Kapsul, Air, Butiran Gotri Besi Dan Lain-Lain
Metode-metode ini masih saja sampai sekarang digunakan. Ada guru tenaga dalam atau perguruan tenaga dalam yang menjual kapsul hingga jutaan Rupiah yang berdalih jika menelan kapsul tersebut bisa membangkitkan tenaga dalam. Ada pula air yang jika diminum akan mampu mengeluarkan tenaga dalam. Kedua hal ini hanya akan berujung kepada kegagalan saja. Apalagi ada satu metode pembangkitan tenaga dalam yang berakibat fatal ke tubuh fisik yaitu menelan gotri atau butiran besi. Tak hanya tenaga dalam, si guru tenaga dalam atau perguruan tenaga dalam mengaku kalau hal ini bisa membuat tubuh kebal senjata tajam. Kembali lagi ke nomor 4 diatas yang dijelaskan larangan ALLAH kepada manusia untuk menyakiti diri sendiri apalagi orang lain. Bagi yang muslim mari kita berpatokan kepada nabi Muhammad. Adakah beliau punya ilmu kebal? Jawabannya tidak. Adakah beliau mencari dan mempelajarinya? Juga tidak. Yang anehnya ada beberapa orang di jaman sekarang yang mencari kemampuan itu. Padahal waktu di jaman Nabi Muhammad perang masih berkecamuk tapi beliau tetap terluka ketika berperang. Bahkan diluar perang pun beliau masih bisa terluka. Di jaman sekarang yang sudah damai dan tak ada perang malah orang-orang mencari ilmu sesat itu. Jadi sudah jelas segala macam metode yang saya jelaskan di nomor 5 ini adalah haram.
6. Metode Tenaga Dalam Menggunakan Sugesti Alam Bawah Sadar
Tidak berbeda jauh dengan metode nomor 4 diatas yang menjelaskan soal affirmasi. Affirmasi yang diucapkan secara verbal atau pun diucapkan dalam hati nanti ujung-ujungnya akan berkumpul di alam bawah sadar. Di dalam alam bawah sadar berkumpul emosi positif dan negatif. Rasa suka, benci, cinta, sayang, dendam dan masih banyak lagi.  Semua ini akan menghalangi kemurnian dari pembelajaran tenaga dalam itu. Sejatinya untuk berhasil belajar tenaga dalam dari guru tenaga dalam atau bahkan supaya berhasil belajar spiritual dari guru spiritual maka kita tak boleh libatkan alam bawah sadar karena alam bawah sadar mampu menciptakan sugesti yang tadinya tidak ada seolah-olah ada dan yang ada menjadi tidak ada. Jika teman-teman sempat belajar tenaga dalam memakai metode ini maka tinggalkanlah karena percuma tidak akan membawa teman-teman kepada keberhasilan. Apalagi bagi teman-teman yang baru mau belajar tenaga dalam lalu secara kebetulan tahu kalau yang akan teman-teman hadapi adalah tenaga dalam metode ini, maka hindari. Lalu apakah halal atau haram? Jawabannya tidak keduanya. Boleh dilakukan tapi tidak ada untung dan manfaatnya. Jika suatu hal yang kita lakukan tidak ada manfaat dan kita sudah tahu hal itu dari awal maka bagusnya jangan dilakukan.
7. Tenaga Dalam Metode Meditasi
Sebelum teman-teman belajar tenaga dalam meditasi, munculkanlah pertanyaan dulu didalam diri teman-teman. Apakah tenaga dalam meditasi ini ditujukan untuk kesehatan? Jika ya maka lakukanlah lima hal ini. Makan, minum, istirahat dan olahraga yang teratur ditambah dengan selalu berpikiran positif. Ini kuncinya sehat. Apakah tenaga dalam meditasi ini digunakan untuk mencapai ketenangan pikiran? Jika jawaban teman-teman adalah ya maka pikirkanlah lagi. Doa dan ibadah adalah sarana untuk menenangkan hati, jiwa dan pikiran dan tak akan pernah bisa dikalahkan oleh apapu termasuk dikalahkan oleh meditasi. Doa dan ibadah akan selalu menjadi jalan yang paling terbaik dari yang baik. Jadi tenaga dalam menggunakan meditasi hukumnya tidak halal dan juga tidak haram. Boleh dilakukan. Tapi pikirkan lagi masih ada cara yang terbaik tanpa harus lakukan meditasi.   
8. Masih ada lagi metode tenaga dalam jelas hukumnya adalah haram dan wajib kita hindari sebagai berikut.
a. Tenaga dalam metode simbol dan lambang.
b. Tenaga dalam metode pengisian kedalam tubuh.
c. Tenaga dalam metode membaca mantra atau ajian.
d. Tenaga dalam metode media makhluk gaib dan jin.
e. Tenaga dalam metode pantangan.


Untuk nomor 8 diatas sengaja saya persingkat penjelasannya di artikel ini karena sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya yang berjudul Perbedaan Tenaga Dalam Modern Dengan Tenaga Dalam Konvensional. Jadi silahkan teman-teman untuk membaca artikel tersebut setelah membaca artikel ini sampai tuntas.
Nama Sebenarnya Tenaga Dalam Modern
Sebenarnya nama ilmu pengetahuan dan sistem modern penemuan saya ini bukanlah Tenaga Dalam Modern. Nama yang sebenarnya adalah Pengolahan Inti Energi Positif Modern. Artinya kita mengolah segenap energi positif yang ada didalam tubuh dan dikombinasikan dengan kekuatan pikiran serta energi positif yang ada dialam semesta raya ini (yang merupakan ciptaan Tuhan YME) untuk kepentingan diri kita, membantu orang lain dan makhluk hidup lainnya.

Lalu kenapa saya dengan sangat berat hati menggantinya dengan Tenaga Dalam Modern? Kenapa sangat berat hati? Begini penjelasannya. Nama tenaga dalam dibumi Indonesia sudah sangat negatif, dipandang sebelah mata dan dikategorikan menyimpang dari agama dan keyakinan karena sesat. Jujur saya akui memang benar. Karena semua sistem tenaga dalam diluar sana tetap memakai cara lama, cara kampung, cara konvensional dan cara kuno. Cara-cara inilah yang menyimpang dan sesat. Ketika website ini saya buat, saya masih memakai nama Pengolahan Inti Energi Positif Modern. Dan ternyata sepertinya website saya sulit dicari dan diakses dari pencarian Google. Tentu ketika orang mau belajar tenaga dalam atau mencari guru tenaga dalam pastilah mereka mengetik minimal kata tenaga dalam. Sudah tidak mungkin orang mengetik Pengolahan Inti Energi Positif Modern di pencarian Google. Hal ini sudah dipastikan terjadi karena waktu itu saya mau menggebrak dunia olah energi dan spiritual metafisika dengan sistem modern penemuan saya. Lalu saya berpikir lagi secara mendalam karena mudah mencari soal tenaga dalam di Google maka saya ganti menjadi Tenaga Dalam Modern. Saya tambahkan kata “Modern” untuk menghilangkan kesan negatif dan supaya memberikan suatu pembeda dengan tenaga dalam yang sudah ada pada umumnya. Seiring berjalannya waktu website saya mulai terindeks dan tercantum dalam pencarian Google dan banyak orang yang mudah mencari website saya.

Jika teman-teman ingin belajar tenaga dalam modern ini yang sangat aman, tidak menggunakan hal apapun yang menyimpang dari agama dan keyakinan, dijamin keberhasilannya dalam waktu sangat singkat dan langsung bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari setelah selesai pelatihan maka silahkan kunjungi halaman website Tenaga Dalam Modern EPKP dibawah ini:
https://www.energi-positif.net
atau
https://www.energi-positif.net/tenaga_dalam.htm

Copyright (Desember 2020) EPKP - Tonar Eki Febrian - www.energi-positif.net
Baca juga artikel tenaga dalam dan artikel spiritual menarik lainnya dibawah ini.